Wednesday, March 13, 2013

Pengajuan Visa Taiwan

Ga kerasa tinggal satu bulan lagi gw akan ke Taiwan untuk pertama kalinya dalam hidup gw *lebay*
Tiket udah dibeli dari taun kemarin, terus masih santai.. santai.. masih lama.. Jreng-jreng.. tau-tau udah akhir Februari, dan gw mulai agak panik sendiri karena belum apply visa dan siap-siapin dokumen yang dibutuhin.

Dari awal udah rencana ga mau ngurus sendiri, karena selain ngurus visa gw dan nyokap, gw juga mesti ngurusin visanya tante gw dan dan tantenya nyokap. Agak ga yakin aja klo ngurus sendiri, karena ibu-ibu rumah tangga gitu, yang gw ga ngerti mesti gimana bikin surat sponsornya. Sementara klo gw karena karyawan jadi lebih gampang karena tinggal minta surat keterangan kerja dari kantor, copy rekening koran juga jelas.

Setelah tanya punya tanya, akhirnya dapet satu contact agent yang namanya sama-sama Santi dan temennya Melissa, anak OHI. Lebih tenang lah menitipkan passport asli untuk diurusin, daripada nitipin ke agent yang ga kenal.

Masalah biaya juga ga beda jauh sih, walau klo dikali 4 lumayan juga haha.. di website resminya Rp. 460.000,-, dan karena minta tolong jadinya Rp. 530.000,-, nambah biaya dikit tapi ga pake pusing karena form juga dia yang isiin, formnya ada 4 pages dan kudu diisi online di sini https://visawebapp.boca.gov.tw.
Dokumen-dokumen yang diperluin versi website:
1. Dua lembar pasfoto 6 bulan terakhir, ukuran 4cm x 6cm (berwarna dan background putih)
2. Masa berlaku paspor minimal 6 bulan (untuk single entry), minimal 12 bulan (untuk multiple entry)
3. Surat keterangan kerja dari kantor atau sekolah bagi pelajar (asli dan diatas kop surat resmi
4. Fotokopi rekening tabungan
5. Fotokopi kartu keluarga

Dokumen-dokumen yang diperluin versi agent:
1. Fotokopi KTP, Copy KK, akte nikah jika ada
2. Fotokopi keuangan 3 bulan terakhir
3. Surat sponsor diatas kop perusahaan
4. Jika pemilik, benar harus mencantumkan SIUP
5. Paspor asli berlaku min 6 bulan, dan paspor lama jika ada
6. Foto berwarna 4x6 latar belakang putih 2 lembar

Akhirnya setelah ngerempongin sana sini, hari Rabu, 6 Maret 2013, gw pun ijin ½ hari dari kantor untuk janjian sama si Santi dan nyerahin semua dokumen-dokumen yang diperluin untuk visa.  Hari Kamis, 7 Maret 2013, Santi ngabarin gw kalo permintaan visa gw udah di-submit, dan menurut perhitungan gw, prosesnya yang 3 hari kerja berarti akan selesai pada hari Senin, 11 Maret 2013. Ternyata bener, Senin sore Santi ngabarin gw kalo visanya udah keluar semua. Fiuhhh.. lega banget deh.
Dan siang ini, gw janjian ketemu lagi untuk ngambil passport yang udah dapet visa. Satu urusan udah selesai, dan sekarang tinggal beli NTD nih. Sepertinya agak susah, mana mo beli banyakan karena ada titipan tante juga, jadi pengennya nyari yang murah meriah bersahabat. Rencananya besok mau cek di Ambasador, katanya ada money changer ok di sana.


No comments:

Post a Comment