Wednesday, April 16, 2014

Les Mandarin (lagi)


Walau udah keranjingan sama Korea, sampe pengen belajar bahasa Korea, gw tetep ga melupakan obsesi gw sama bahasa Mandarin. 

Keinginan untuk les lagi sebenarnya udah ada dari tahun-tahun kemarin, tapi bingung mau les di mana. Seiring waktu berjalan, gw pun makin lupa sama han zi yang dulu uda pernah gw pelajari. Kalau baca masih inget, tapi klo disuruh nulis, ampun.. banyakan lupanya. Belum lagi masalah nada yang ketuker-tuker dan listening yang ga jago-jago. 

Akhir tahun kemarin pun gw hunting informasi les mandarin di daerah seputaran kantor. Pertama ngincer ikutan kursus di Kedutaan China yang ada di Mega Kuningan karena deket kantor. Ternyata ga ada tuh kursus bahasa di Kedutaan China haha.. Dapetnya malah informasi kursus bahasa di Wen Hua yang ternyata letaknya di AXA Tower, sebelah kantor persis. Wah mayan banget, pulang kantor les dulu seminggu 2x. Tapi karena udah akhir taun, jadi nanggung juga mau ikutan. Jadi nunggu aja deh sampe awal taun 2014. 

Setelah kebingungan nyari informasi nomor telepon Wen Hua karena gw ga inget nyimpen di mana coret2annya, akhirnya berhasil juga contact dan ternyata lao shi nya tuh uda nelponin ke handphone gw berkali-kali tapi ga pernah gw angkat. Maap ya, abis kirain mo nawarin KTA =D

Berhubung udah pernah belajar sebelumnya, jadi gw nyoba placement test dulu, dan ternyata dianjurin masuk ke kelas Basic 3. Dijelasin klo Basic 3 itu belajarnya lebih ke conversation, browsing dan baca berita, dengar berita, menceritakan gambar. Gw sendiri ga pede, kok tinggi amat ya. Tapi dibilang sayang klo cuma di Basic 2.
Ada teman yang bertanya-tanya, udah pernah belajar tapi kok masih di Basic sih. Sebenarnya sih cuma masalah level aja di tiap-tiap lembaga kursus yang beda-beda. Dulu di BNLC waktu jaman kuliah, gw udah masuk ke level Intermediate 1 klo ga salah tuh. Udah ga banyak pake pinyin lagi belajarnya. Waktu dibilangin Basic 3 masih pake pinyin, gw lega tapi sekaligus merasa kurang tertantang haha *ga jelas apa seh maunya* 
Setelah Basic 3, kelas berikutnya adalah Business Class yang pasti lebih menantang karena katanya belajarnya yang lebih formal, kaya cara booking hotel, booking tiket, dst2. 

Kemarin, 15 April 2014 kelas pertama Basic 3 dimulai. Muridnya cuma ber4 termasuk gw. 3 lainnya ternyata udah kenal karena udah pada join di Wen Hua dari Basic 1. Tadinya khawatir gw jadi yang paling dodol di kelas, ternyata untung aman.. at least untuk pertemuan pertama =)) =)) 

Semoga abis les udah bisa ngeblog pake hanzi =))

很希望有机会去台湾学汉语 =)

7 comments:

  1. salam kenal Cik. sy tertarik belajar di wen hua, tp tlp nomornya yg ada diwebnya tdk ada yg angkat. sy ingin bertanya pada laose disana ttgl jadwal dan biayanya, apakah Cicik ada saran no tlp mereka yg bs dihubungi atau email mereka? mohon dibantu Cik. Cik sudah kursus disana, alamatnya di sebelah mana mal amabssador atau mega mal kuningan ya?

    Xie xie. Cik. Semoga Cicik sukses sll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah maaf saya baru baca commentnya. Apakah masih perlu no teleponnya?
      Lokasinya di AXA Tower, Kuningan City

      Delete
  2. Hello ci.. Blh mnta no tlp wenhua nya? Dan PL nya klo boleh:) xiexie

    ReplyDelete
  3. wenhua emang masi ada kelas? hahahaha

    ReplyDelete
  4. Kabar terakhir yang saya denger, udah tutup katanya

    ReplyDelete
  5. Halo ci, boleh minta no kontaknya wenhua ci? Saya sangat tertarik belajar Mandarin dan kalo boleh tau berapa biaya nya ci?

    ReplyDelete