Saturday, October 11, 2014

Korea, Winter Travel Fair dan Kimchi

Minggu lalu ada kegiatan Festival Indonesia - Korea 2014 di Lotte Shopping Avenue (Love). Berbagai acara diadain di sana, dan salah dua yang menarik gw untuk dateng adalah Korea Winter Travel Fair dan acara pembuatan kimchi.

Alhasil hari Jumat sepulang gw pun ke Love, untuk liat-liat Winter Travel Fairnya. Ga terlalu banyak informasi sih yang bisa didapat, karena mostly banyakan booth-nya travel agent yang nawarin paket perjalanan. Tapi untunglah ada 1 booth yang menyediakan brosur-brosur tentang wisata di Korea dan yang paling penting nyediain buku yang isinya voucher-voucher diskon di berbagai tempat wisata di Korea. Sayangnya awalnya gw cuma ngeh itu buku isinya voucher buat main ski. Jadi gw ambil 1 doank buat gw karena temen gw belum confirm mo main ski. Tapi akhirnya gw ambil 2 lagi yang tersisa karena temen-temen gw mau diambilin juga. Dan pas uda pulang baru ngeh ternyata isi vouchernya banyak banget, termasuk voucher buat beli tiket Cookin' Nanta Show.

Ga cukup cuma hari Jumat, besoknya gw kembali ke Love buat ikutan bikin kimchi. Awalnya gw ga tau ada kegiatan bikin kimchi ini. Sampe temen kantor gw yang member-nya Lotte kasi tau kalo dia dapet undangan untuk bikin kimchi dan boleh ngajak satu orang teman. Tapi dia males dateng, jadi dia bilang gw boleh ajak satu orang temen gw.
Sabtu siang gw udah keliaran di sekitar stage buat siap-siap ikutan bikin kimchi. Tapi ternyata yang ikutan bikin kimchi ini bukan member lotte yang udah register, tapi penonton yang ada di sekitaran stage disuruh ngajuin diri siapa yang mau ikutan. Gw sih sempet kesel, lah kok gitu. Ngapain donk register klo ujung2nya rebutan gini.
Tapi untunglah gw dan temen kepilih setelah ngacung2in tangan.

Kurang lebih 20 orang disuruh maju ke depan stage, dan di sana udah ada meja panjang buat kami semua belajar membuat kimchi. Masing-masing peserta dikasi celemek, sarung tangan dari plastik dan di depan kami udah ada piring lebar serta sawi yang udah dibelah dua.
Lalu panitia ngebagiin bumbu yang udah jadi ke piring lebar di depan kami masing-masing. Di depan kami, seorang ahjuma dari Restoran Korea bernama Kogi Kogi yang jadi chef siang itu berbagi cari membuat kimchi menggunakan bahasa Korea dan didampingi translator orang Korea juga yang bahasa Indonesianya terbata-bata. Jadilah gw ga terlalu nyimak apa penjelasannya haha..

Yang pasti langkah awal adalah membelah sawi menjadi 2 dimulai dari bagian bonggolnya ke arah daun. Tapi yang dipotong pake pisau cukup bagian bonggolnya aja dan tinggal ditarik pakai tangan aja. Lalu sawi direndam air garam semaleman, dan sawi yang di depan saya udah direndam air garam semaleman sampai layu.
Dijelasin semua bumbu-bumbu yang dipake tapi ga terlalu jelas dan katanya ada di buku resep yang dibagiin. Tapi gw ga kebagian bukunya T_T
Lalu sampailah ke pembuatan kimchi dengan mengelus-elus sawi lembar demi lembar menggunakan bumbu yang uda dikasi. Tapi sebelumnya sawinya harus diperas dulu sampai air garamnya udah ga ada.

Ternyata megang sawinya juga ada tekniknya supaya kerjanya lebih gampang, dan nyimpen kimchinya juga ada tekniknya supaya bumbu yang uda diolesin tetep ke simpen di antara lembaran-lembaran kimchi.

Yang menyenangkan adalah kami semua boleh bawa pulang kimchinya. Yes!! gw doyan banget sama kimchi. 1 sawi yang udah berubah jadi kimchi itu mungkin klo beli di supemarket Korea harganya bisa sekitar 250-an ribu. Ini gw dapet gratis, bonus box dan celemek lagi haha..

Awalnya seneng banget dapet kimchi sebanyak itu. Tapi lalu bingung juga gimana ngabisinnya.
Akhirnya gw tawar-tawarin ke temen kantor, lalu berencana mo bikin kimchi jjigae juga. Lalu mungkin perlu meniru orang Korea tiap makan selalu ngeluarin kimchi sebagai side dish hahaha...

No comments:

Post a Comment