Monday, February 23, 2015

Korea Selatan Winter Trip 2015 – part 2 (Seoul – Nami Island, Gyeongbokgung Palace, Bukchon Hanok Village and skating)

Hari ke-2 di Seoul, kami semua bangun kesiangan!! Oh no! hilang sudah ½ hari untuk jalan-jalan *rugi* Padahal kami mau ke Nami Island. Sudah kesiangan, pakai nyasar pula. Seharusnya kami transfer di Mangu Station untuk pindah line menuju ke Gapyeong Station. Tapi kami tetap duduk anteng di metro sampe si metro sampai di tujuan akhir dan dibersihkan. Kami tetep duduk anteng tanpa tahu salah di mana -_-“
Walau kesiangan, makan must go on - Mubanna Chondak, Hongdae
Sampai 2 orang ahjuma yang bersihin kereta tanya kami mau ke mana dalam bahasa Korea. Dengan sok tahu kami bilang “Nami Seom” Ntah bagaimana akhirnya kami mengerti kalau seharusnya tadi transfer di Mangu. Terpaksalah ikut balik lagi ke Mangu, lalu mencari line yang benar untuk menuju ke Gapyeong Station. Sampai di Gapyeong, salju terhampar di rel metro. Tak lupa foto-foto dulu donk, dan kami melanjutkan perjalanan naik taksi dari Gapyeong Station ke Nami Seom. Kenapa taksi, karena kalau mau jalan kaki kami tak tahu arah, nanti tak tahu jalan pulang lagi hahaha..
Sok galau padahal norak liat salju banyak gitu

Tiket masuk ke Nami Island 8.000 won, termasuk ongkos naik kapal buat menyebrang. Saat di gerbang, petugas di sana bertanya kami dari mana, dan ketika kami bilang dari Indonesia, mereka menyapa “Apa Kabar?” wah.. seneng bener denger-nya haha..

Dingin banget di Nami, mungkin karena di pulau kali ya. Untunglah di dalam kapal-nya hangat, ada heater. Mayan menghangatkan badan dulu sebelum mendinginkan badan sambil keliling-keliling Nami Island.
Di dek kapal sesaat sebelum menyebrang, dinginnnn
Dalam bayangan, karena perginya saat winter, Nami bakal putihhh kaya di film Winter Sonata *padahal ga nonton filem-nya juga*. Tapi ternyata salju-nya cuma malu-malu ada di pinggiran doank. Tapi lumayan lah, daripada ga ada saljunya haha.. Kami keliling-keliling di Nami sampai langit gelap dan Nami udah lumayan sepi, berasa pulau pribadi. Sempetin jajan corn dog sama bakpao karena terakhir makan siangnya sebelum ke sini. Laper. Saking dinginnya kaki sampe berasa kaku. Padahal udah dobel kaos kaki tuh. Dan berhati-hatilah kalau jalan saat winter, karena bisa aja tiba-tiba gubrak, jatuh kepleset es kaya temen saya hihi

Kami di Nami - difotoin sama tetangga serumpun dari Malaysia
Gangguin patung pacaran

Nami - berasa pulau pribadi
Suka sama warna langit-nya
Sesaat sebelum naik kapal untuk pulang
Sekitar jam 8 kami kembali menyebrang naik kapal, kemudian naik taksi lagi menuju Gapyeong Station.

Malam itu kami memutuskan makan Yoogane di Myeongdong. Enakan mana nih sama Yoogane Jakarta? Jawabannya: ya yang di Myeongdong lah!

Besoknya hari Sabtu, rencananya mau ke Seoraksan. Udah diusahain keluar pagian, ternyata pas sampe Express Bus Terminal Station, tiket bus ke Sokcho yang pagi udah sold out. Paling cepat ada lagi baru jam 12.30. Errr… ga mungkin banget ya. Akhirnya kami ubah jadwal, dan beli tiket ke dan dari Sokcho untuk Minggu pagi jam 9 pagi, dan balik dari Sokcho jam 16.30 (harga tiket bus-nya 18.100 won untuk 1x jalan).

Jadi hari Sabtu muter-muter di Seoul dulu aja deh. 1st stop, Gyeongbokgung Palace yang bisa dicapai dengan metro, keluar di Gyeongbokgung Station exit 5. Tiket masuk-nya 3.000 won tapi tidak termasuk beberapa area di dalam palace. Sebelum mulai keliling, kami simpan ransel dan harta karun lainnya ke dalam loker yang disediakan di sebelah kiri pintu masuk utama. Lumayan lah ga usa bawa berat-berat keliling palace yang luassss banget. Matahari juga cukup terik hari itu, lumayan ga terlalu dingin jadinya. Tapi tetep aja air 2 danau yang ada di lingkungan palace masih beku. Sebenarnya pengen liat pergantian petugas penjaga di gerbang palace, tapi karena keasikan di dalam kami lupa waktu dan kelewatan deh. Ada banyak bangunan di dalam palace, dan karena ga pake guide, kami ga tau apa fungsi bangunan-bangunan yang ada. Sempet curi-curi dengar guide berbahasa Mandarin lagi ngejelasin, tapi ya gitu deh.. karena dengarnya cuma sepenggal-sepenggal, ga ngerti juga hihi
Fotografer ala-ala beraksi =))
光化门 - Pintu Gerbang Gyeongbokgung Palace
Petugas Penjaga Gerbang
Salah satu sudut di Gyeongbokgung Palace
Di depan danau yang membeku
Terlihat gersang padahal dingin
Tiket masuk 3.000 won tidak termasuk tiket untuk mengunjungi pagoda ini
Selesai dari palace, kami ke luar dari gerbang utama, menyebrang jalan dan menuju ke Gwanghamun Square. Ada patung King Sejong, pencipta huruf Hangeul di sana. Liat-liat lalu langsung naik metro lagi ke Anguk Station menuju exit 2 buat jalan-jalan di Bukchon Hanok Village. Pas lagi jalan, eh ada Tourist Information Center. Mampir dulu deh, buat dapet pencerahan dan ga nyasar di dalam pemukiman haha..Bukchon Hanok Village ini setau saya sebenarnya pemukiman penduduk tapi rumahnya masih berupa rumah tradisional Korea dan dirawat gitu. Walau bentuknya tradisional, tapi kayanya sih kehidupan di dalemnya ga tradisional amat juga. Buktinya di beberapa pintu rumah, uda kaga pake anak kunci lagi, tapi uda pake pintu berbasis pin. Dan penasaran sih kaya apa di dalem rumah-rumah itu, tapi sayang pas usaha ngintip2 tetep ga keliatan apa-apa :p
Di sana ada plang yang mengingatkan pengunjung untuk menjaga ketenangan dan jam kunjungan hanya dari jam 10 pagi sampai sunset. Mungkin karena hari Sabtu, agak ramai nih, jadi susah buat foto tanpa bocor foto-nya :p pasti adaaa aja orang lain ikut kefoto deh di dalam foto kami.
"Silakan masuk" :D

Pas dapet sunset

Usaha mengintip yang sia-sia *jgn ditiru ya*

Agak ramai jadi susah cari spot foto yang kosong

Nyelonong bertamu ke rumah yang terbuka pintunya
Nah dalam perjalanan balik lagi ke Anguk Station, kami menemukan tempat makan yang spesialisasinya jual samgyetang. Mumpung udah di sana, jadi kami memutuskan untuk makan dulu. Hari itu saya menciptakan rekor baru untuk diri saya sendiri. Menghabiskan 1 ekor ayam sendirian! Untung ayam yang dipake anak ayam *maksudnya ukuran ayamnya kecil gituh* Samgyetang-nya enakkkk… ginsengnya berasa banget. Abis makan, badan langsung hangat dan siap melanjutkan perjalanan.

Muka kenyang abis makan ayam seekor
Rombongan kami terpisah jadi 2 hari itu. Saya dan 2 orang teman memutuskan ke City Hall untuk main skating, dan 3 orang lain-nya memutuskan balik ke kos (kami menyebut Ann Guest House sebagai kos haha) dan muter-muter di Hongdae area aja. Dalam perjalanan pulang kami mampir dulu untuk beli strawberry dan kesemek. Strawberry-nya gede-gede, manis banget dan kesemek-nya ga pake bedak kaya di Indonesia :p
Strawberry & Persimon

Dari Anguk Station, saya pun naik metro lagi lalu turun di City Hall Station menuju ke exit 6 untuk menuju ke tempat skating. Ternyataaa… rame benerrr… saya beli tiket sekitar jam 19.30-an dan baru kebagian main skating yang jam 20.30. Tiketnya cuma 1.000 won untuk 1 jam, sudah termasuk sewa sepatunya. Untuk tas, bisa sewa loker yang sudah disediakan.
Ih gini toh rasanya main skating di lapangan terbuka *norak* Ternyata lebih susah karena sepatunya depannya ga ada gerigi kaya sepatu kalau main di Mall Taman Anggrek :p dan es-nya agak ga rata, banyak lubang gitu. Saya sama temen udah mesra bener ber2an pegangan tangan takut jatuh haha.. Emang kudu extra hati-hati karena pas main, ada yang jatuh ntah kena mananya, tapi ga bangun-bangun sampai harus diangkut pakai tandu :| Tapi untuk 1.000 won, saya sih puas banget. Murahhh… kalau punya waktu lebih mungkin bakal sering-sering main deh, tapi sayang jadwal di Korea padat merayap bener :p
Main ski di lapangan: checked

Liatlah rame-nya
Sebagai turis yang ogah rugi, saya dan seorang teman masi muter-muter di area Hongdae dekat kos-an sampai sekitar jam 12 baru pulang :D Dan suhu udara malam itu saya lupa persis-nya, tapi real feel-nya -16 derajat Celcius. Pantes muka kaku banget kaya pake masker.

Yuk ah, mari tidur biar besok ga bangun kesiangan buat ke Seoraksan haha..