Monday, January 27, 2014

Year End Trip to Johor and Singapore Part 1

Gw paling ga pernah mengkhususkan diri untuk ngerayain taun baru. Dari jaman masih di Cilacap dulu, paling mentok cuma ngumpul2 aja di rumah temen sampe jam 12 malem terus baru pulang tanggal 1-nya. Ato klo ga ngumpul ya cuma di rumah aja nonton tivi. Nah taun baru kemarin agak beda, karena ada temen yang ngajakin jalan ke Singapore, sekalian mampir ke Johor karena pengen main ke Legoland dan Hello Kitty Land yang baru buka. Gw sebenernya ga terlalu tertarik karena ga doyan main di amusement park dan ga doyan Hello Kitty. Cuma ya gpp deh, mumpung lagi liburan.

Tiket buat Desember itu udah kami kantongi sejak bulan Januari *yak betul, kami sangat semangat kalo buat urusan jalan2*. Excitement pun sempet ga ada karena kelamaan nungguin hari H. Niatnya mau book hotel sekitaran Marina Bay karena bakal nonton fireworks di sana dan takut uda ga ada MRT, jadi biar bisa jalan kaki balik ke hotel, tapi karena book hotel juga agak mepet, alhasil nyobain nginep di Wink Hostel Chinatown Singapore *highly recommended* dan untungnya di Johor dapet hotel di deket JB Sentral, seberang City Square Mall bernama Citrus Hotel.

Walau beli tiket uda jauh-jauh hari, bukan berarti trip ini direncanakan dengan sangat matang haha.. menjelang berangkat, kami masih berusaha nyusun-nyusun itinerary dan nyari-nyari info tentang Johor. Beruntung nemu blog ini ini yang menjelaskan sangat detail mulai dari sampe di Singapore, melintasi perbatasan Singapore – Johor dan jalan-jalan di Johor.

Buat Singapore sendiri sih gampang lah ya, karena ke mana-mana juga uda gampang. Tinggal nulis doank mo ke mana-mana nya, ntar di Singapore tinggal liat map MRT aja.
Jadilah kami menyusun jadwal 28 – 30 Desember 2013 di Johor dan 30 Desember 2013 – 2 Januari 2014 di Singapore. Sesuai rencana, begitu mendarat di Changi, kami langsung nunggu coach buat ke Johor dari T1 Changi. Tinggal ke luar aja dari pintu yang deket Burger King dan nanti akan ada bus-bus yang parkir. Tunggu aja di sana, petugas yang ada akan kasi tau klo bus-nya dateng. Jadwal bisnya bisa diliat di sini.

Cukup bayar SGD7 *uang pas yah*, nanti akan dikasi tiket yang harus disimpen karena bakal diminta waktu naik bus lagi setelah stempel imigrasi di Woodlands Checkpoint. Jadi waktu sampe ke Woodlands Checkpoint, penumpang harus turun berikut barang-barangnya untuk stempel imigrasi, dan harus cepet-cepet kembali ke bus karena kabarnya busnya bisa pergi meninggalkan kita kalo kelamaan dan kepaksa harus nunggu bus berikutnya atau naik bus umum yang antrinya saingan sama antrian penumpang busway di halte Dukuh Atas klo jam pulang kantor :|

Sebenernya Singapore – Johor itu emang ga jauh-jauh amat. Cuma karena naik bus yang punya beberapa titik penjemputan, jadi berasa agak lama aja. Kami sampe di hotel sekitar jam 4 sore, dan kecewa karena bus buat ke JPO baru ada sekitar jam 6 atau 6.30 gitu, sementara bus balik dari JPO juga paling malem jam 8 malem *menurut informasi dari orang hotel*. Alhasil itinerary langsung digeser. Kami pun menghabiskan sisa malam itu dengan shopping dan makan di City Square Mall. Shopping saat year end ternyata menyenangkan, karena malem itu berhasil dapet baju Cotton On murah karena diskon =D

Sebelum kembali ke hotel, kami inspeksi terminal bus yang besok akan kami datangi untuk naik bus ke Legoland. Daripada besok pagi buru-buru dan muter-muter, jadi mending malemnya kami cari info dulu, termasuk jadwal bus-nya. Thanks buat uncle yang ada di terminal, karena dia kasi kami jadwal bus lengkap, buat ke Legoland, Hello Kitty Land dan JPO.
Hotel Citrus ini letaknya cukup strategis, dan kamarnya besarrr... bisa buat nampung 2 keluarga kali haha.. tapi tidur di lantai :p Cuma sayang resepsionis-nya lamaa... dan seringnya Cuma 1 yang melayani.

Besoknya setelah menyempatkan sarapan dulu di hotel, kami pun menuju terminal bus yang ada di JB Sentral, dan bus yang ke Legoland uda siap di sana. Untung kami datang tepat pada waktunya karena bus-nya lumayan rame, ada rombongan keluarga gitu. Kalo ga salah tiketnya RM4.5 doank dan busnya on time. Kira-kira satu jam kemudian kami sampai di Legoland dan belum buka *kepagian* Saat beli tiket, kami dapat 1 tiket gratis yang bisa dipake di bulan Januari 2014 *otak bisnis pun jalan, promosiin buat jual setengah harga, karena rugi banget masuk Legoland, tapi ga ada yang beli huks* Sesuai namanya, isinya ya banyak lego yang disusun-susun jadi karakter-karakter atau benda-benda apa lah gitu. Ada wahana bermainnya juga kaya Dufan, dan di dekat pintu ke luar ada miniatur-miniatur negara kaya di Xiao Ren Guo, Taoyuan, Taiwan. Tiket masuk RM140 menurut gw mahal dan ga worth banget ke sana.

Jadwal selanjutnya adalah ke JPO yang harusnya dikunjungi di hari pertama kemarin. Dan karena masih mau lanjut ke JPO, jadi jalan-jalan di Legoland juga buru-buru. Jam 2 lewat kami uda stand by di halte bus karena takut kelewatan bus-nya. Ternyata JPO lumayan jauh, dan pas sampe sana kami isi perut dulu dan langsung mencar karena waktunya mepet. Bus baliknya ke JB Sentral adalah jam 8 malem, dan sesudah jam 8, baru ada bus lagi jam 10.30. Sadis aje. Ternyata ga semenarik yang gw bayangkan. Diskonnya ga gede-gede amat, dan gw cuma dapet baju Cotton On buat ade gw.

Ini adalah malem terakhir di Johor dan kami ga sempet jalan-jalan di Meldrum Walk yang lokasinya di sebelah hotel dan isinya makanan semua. Besok paginya kami ke Hello Kitty Land sebelum balik ke Singapore. Pagi yang buruk karena kami ketinggalan bis T_T klo gw sendiri mungkin gw akan langsung balik ke Singapore dan nongkrong di Changi buat jemput Leehom yang jadwal arrival flightnya jam 12 di T1 Changi. Tapi karena rame-rame, jadinya nyari taksi buat ke Hello Kitty Land. Untung ongkos taksinya mirip-mirip sama tarif bus dikali 4 orang. Hello Kitty Land cuma kaya mall kecil doank, bener-bener buat anak kecil deh. Tiket masuknya RM75 dan dapet diskon 10% kalo punya tiket Legoland. Untung dapet charm bracelet Hello Kitty, selebihnya ga ada yang menarik. Mungkin juga karena gw ga doyan Hello Kitty yah.

Balik dari Hello Kitty Land, naik taksi lagi tapi kali ini karena ga ngerti, dapetnya taksi yang kaya Silver Bird di sini. Tarifnya 2x lipet lebih dari tarif taksi waktu berangkat. Abis deh duit gw. Selesai makan siang di mall, kami langsung ke hotel buat ambil koper dan langsung ke Sultan Iskandar Checkpoint buat nunggu bus ke Singapore. Sempet bingung sama bangunan imigrasinya, kok persis kaya kemarin waktu kami sampe ya. Padahal kan kami stempel paspor buat ke luar dari Johor. Ternyata itu bangunan kembar -_-“ berkat info dari petugas, akhirnya kami sampe ke terminal dan pas liat jadwal bus-nya, hoki karena bus selanjutnya stop di Halte Outram Park. Jadi bisa naik bus buat ke Chinatown ato MRT ke Chinatown karena next stop setelah Outram Park adalah Chinatown. Postingan berikutnya adalah tentang pengalaman di Singapore =D

1. Ituu sisa pewarna nya yg di baju sama sepatunya bisa hilang ngga kak?

2. Ituu sisa pewarna nya yg di baju sama sepatunya bisa hilang ngga kak? Waktu colour run

3. Bisa kok. Baju & sepatu saya bs bersih lagi, cuma kesisa sedikittt aja yg susah hilang

4. Kalau untuk ukuran baju saat colour run , dr apa smp apa ya ka ? Soalnya teman aku ukuranya bigsize , jd takut ga muat semua... Makasihh kakaa :)

1. Hallo. Akhirnya jadi ikut Color Run ga? Maaf ya kurang sering ngecek comment2 yang masuk hehe