Wednesday, November 13, 2013

Opus Jay 2013 World Tour – Jakarta Stop

Beberapa waktu lalu, ada gosip-gosip kalau Jay Zhou mo konser di Jakarta. Gw sendiri memutuskan pasti akan nonton kalo sampe bener Jay konser di Jakarta, cukup beli tiket di kelas yang paling murah deh. Ternyata gosip itu benar adanya. Akhirnya diumumin secara resmi kalo konser akan diadain di MEIS tanggal 12 Oktober 2012. Fiuhh.. pas banget hari Sabtu untungnya.
Beberapa temen mo nonton, tapi begitu harga tiketnya diumumin... seperti biasa.. mundur teratur dengan alasan kemahalan (emang sih terlalu harganya).

Beberapa temen pun ngomporin untuk ga usa nonton. Ngapain, ga worthed (karena tribun MEIS kabarnya tinggi dan jauh bgt dari stage), mahal, Jay Zhou ga bagus2 amat, suka fals, dst2. Tapi kapan lagi loh.. gw ga akan ke Singapore karena mo nonton Jay. Cukup Leehom aja yang dikejar sampe ke negeri seberang.

Beberapa minggu sebelum nonton, gw dan ade gw browsing list lagunya dan sibuk ngedengerin tiap hari sambil usaha ngapalin biar bisa sing along selama konser. Maklum, gw uda ga terlalu update sama lagu-lagu baru Jay Zhou lagi. Dan kekhawatiran serta omongan miring dari temen-temen tentang ga worthed-nya konser Jay Zhou itu ga terbukti. 12 Oktober 2013, Jay Zhou sukses menggelar konser perdananya di Jakarta selama 2 jam (iya 2 jam, ga pake encore >.< ga asik ih)

Gw sampe di lokasi sekitar jam 18.40-an karena paginya kudu ikut outing kantor dulu (ga enak anak baru ga ikut, dan hoki dapet grand prize lohh haha), pdhal konser dijadwalkan mulai jam 19.00. MEIS ini ada di dalam kawasan Ancol, dan sama sekali ga ada petunjuk MEIS itu ke arah mana. Dan parahnya macet juga di dalem Ancol. Tapi untung ga telat, dan konser juga telat mulai sekitar 40 menit.

Mungkin karena antrian masih panjang dan waktu uda menunjukkan jam 7, jadi pemeriksaan security ga terlalu detail. Bahkan tas gw ga dibuka sama sekali. Padahal di dalemnya ada kamera DSLR dengan lensa tele hohoho...

Dan saat masuk, di dalem udah rame banget. Gw beli tiket tribun tengah dan dapet baris ke-3 dari depan untuk kelas tribun ini. Ga sia-sia deh langsung beli tiket pas baru mulai dilepas ke pasar. Ga kebayang klo belinya belakangan, dapet duduk di ujung atas dan Jay Zhou mungkin cuma keliatan sebagai titik aja haha.. karena dari baris ke-3 itu aja Jay Zhou uda hampir ga keliatan. Emang tribun-nya jauh ga kira-kira. Beberapa bangku di sebelah gw, ada penyiar PAS FM yang dulu pernah ngundang OHI ke acara I Love My Idol, tapi sayangnya dia uda ga inget gw (ya iya lah, siapa gw minta diinget). Kerennya lagi, setiap penonton dikasi lightstick warna pink yang udah ditaro di bangku masing-masing.

Konser dimulai video di LED raksasa yang ada di stage, terus keluar lah Jay Zhou dengan lagu opening yang gw juga ga tau apa judulnya huahaha.. Yang pasti, lightingnya keren banget... gw terkesan banget. Walau kadang over sih terangnya sampe yang di panggung kaga keliatan. Kayanya konser Leehom ga sekeren ini lightingnya.

Jay Zhou beberapa kali berganti kostum, dan set panggung. Bahkan ada bintang tamu dari China, penyanyi cewe yang suaranya melengking abis -_- dan mereka duet bareng lagu Qian Li Zhi Wai. Sama kaya Leehom, Jay Zhou juga jago main alat musik, walau masih banyakan Leehom sih jenis alat musiknya *piss* Jadi di beberapa lagu, Jay Zhou nyanyi sambil piano atau gitar (yang gw inget sih nyanyi An Jing sambil main piano, nyanyi Cai Hong sambil main gitar). O iya, Cai Hong itu merupakan awal dari medley beberapa lagunya. Keren.. sayang cuma ngerekam Cai Hong doank.
Interaksi sama penonton emang ga terlalu banyak, mungkin takut pada ga ngerti kali ya.. ada sih dia ngomong agak panjang pake bahasa Mandarin. Tapi kita semua ngerti kok dia ngomong apa. Bahwa sebenarnya ini bukan pertama kali dia ke Indonesia. 24 taun lalu Zhou mama pernah bawa dia untuk liburan dan merasakan orang-orang di Indonesia sangat hangat dan ramah. Dan saat dia kembali sekarang, dia masih bisa merasakan kehangatan dan keramahan itu.

Untungnya banyak lagu-lagu lama yang gw tau, ternyata dinyanyiin di konser. Dan kerennya lagi, di big screen yang ada di kiri dan kanan panggung, disiapin juga teks dalam hanzi dan pinyin. Jadi yang ga apal, rasanya kaya lagi karaoke karena bisa liat liriknya hihi..
An Jing mungkin emang lagu Jay Zhou yang paling hits dan legendaris *lebay*, di lagu ini rasanya hampir semua penonton ikutan nyanyi bareng deh. Gw sendiri apal banget lagu ini, mungkin karena liriknya juga gampang dimengerti, jadi ngapalinnya lebih enak.

Saat akhirnya Jay Zhou pamit-pamit, menandakan konsernya udahan. Kita semua ga puas, karena baru sekitar jam 21.30. Masa udah kelar sih konsernya segitu doank. Akhirnya beberapa dari kami mulai teriak “encore encore” dan ga lama ke luar lah penggebuk drumnya yang ngajak penonton untuk teriak “Zhou Jie Lun” sambil diiringi gebukan drumnya. Encore-nya menurut gw kurang lama. Jadi terkesan emang uda di-skenarioin. Emang sih pasti uda diskenarioin, tapi klo penonton disuruh nunggu lama dikit pasti agak beda feelingnya.

Terus akhirnya Jay ke luar lagi, tapi ga inget lagu apa ya yang dia nyanyiin :p Yang gw inget banget waktu dia nyanyi lagu Ukelele, nuansanya Hawaii banget. Dan karena lagunya juga nge-beat, gw berasa high banget. Uda pengen loncat2 aja haha.. terus penonton yang di bawah dapet kiriman bola-bola raksasa buat di-oper-oper. Sayang bolanya ga bisa sampe ke atas tribun :p
Abis Ukelele, disambung lagu nge-beat lagu, Yang Guang Zai Nan (Sunny Otaku). Lagi-lagi gw masih merasa high dan ikut joged-joged. Ternyata ini lagu terakhir, dan Jay Zhou langsung cabut dari panggung. Ga ada lagi encore karena udah diumumin bahwa konser berakhir dan penonton dipersilakan meninggalkan venue. Yah.. singkat banget ya. 2 jam ga kerasa, ga puas malah karena kurang lama dan bubar saat gw lagi high-high nya.

Overall gw puas banget sama konsernya. Menurut gw sukses banget untuk Jay yang baru pertama kali konser di Jakarta. Bangku-bangku penonton keisi penuh (walau gosipnya banyak tiket gratisan yang dibagi karena ga terlalu bagus penjualan tiketnya). Suaranya Jay juga stabil dari awal sampe akhir. Dan yang paling bikin puas adalah hasil foto pake Nikon D3000 kesayangan yang dipadukan sama lensa tele 55-200mm sangat memuaskan hati. Ga nyesel banget bawa DSLR masuk haha..

No comments:

Post a Comment