Friday, July 13, 2012

Pencairan Jamsostek

Tanggal 10 Juli kemarin, gw memutuskan untuk cuti sehari karena mo nonton #MMTJKT. Dan paginya gw sempetin dulu untuk cairin Jamsostek dari 2 kantor terdahulu gw.
Dari tahun lalu udah mo cairin, tapi waktu itu sempet telpon ke call centernya untuk nanya-nanya persyaratan, dan waktu verifikasi data, ketahuanlah klo ternyata data tanggal lahir di kartu jamsostek kantor pertama gw salah -_-" dan setelah dilempar sana sini, gw dapet info klo gw kudu minta surat pernyataan dari HR kantor pertama yang menyatakan tanggal lahir gw yang sebenarnya. Hhhmphhff.. nyusahin kan.. 
Akhirnya gw males, dan yang ada malah seorang temen gw yang dulu juga kerja di kantor yang sama dengan gw yang cairin jamsostek-nya duluan. Temen gw awalnya cairin di Jamsostek Salemba dan agak dipersulit karena Jamsostek yang terdaftar atas nama Bank A, lalu saat resign udah jadi Bank B karena Bank-nya merger, dan petugas Jamsosteknya kekeuh untuk minta surat pernyataan dari HR bahwa benar Bank A telah ganti nama jadi Bank B. Lagi-lagi ribet yeee... 
Lalu atas saran HR kantor lama itu, temen gw disarankan untuk memprosesnya di Jamsostek cabang Kebon Sirih aja, tempat pendaftaran awal dulu. 

Belajar dari pengalaman itu, gw pun cairin Jamsostek gw di cabang Kebon Sirih. Setelah tanya temen, dokumen yang dibutuhkan adalah:
1. Kartu Jamsostek Asli & Copy
2. KTP Asli & Copy
3. Kartu Keluarga Asli & Copy
4. Copy buku tabungan untuk transfer dananya
5. Isi formulir pencairan Jamsostek yang ntar dikasi sama satpam di depan pintu
6. Materai

Dari hasil browsing-browsing, gw nemu klo ada juga yang diminta surat domisili klo tempat tinggal sekarang sama alamat di KTP beda. Dan kebetulan juga saat bongkar-bongkar dokumen gw nemu surat domisili gw yang dulu pernah bikin pas tahun 2007. 

Karena tanggal lahir gw katanya salah, temen gw udah mintain formulir yang harus diisi sebagai pernyataan tanggal lahir gw yang sebenarnya. 

Selasa pagi pun gw ke SDB dulu karena kudu ambil dokumen asli Kartu Keluarga di sana, abis itu langsung ke Jamsostek cabang Kebon Sirih. 
Pas sampe sana, gw langsung nyamperin satpam yang di dekat pintu, yang langsung ngecek kelengkapan dokumen yang ternyata cuma butuh kartu jamsostek asli, copy kartu keluarga dan copy KTP. Lalu dikasi formulir untuk diisi dan surat pernyataan untuk dilengkapi dan ditempel materai. Setelah isi, gw submit dokumen itu trus nunggu dipanggil untuk ambil tanda terima dan dikasi info berapa saldo jamsostek gw. 

Setelah nunggu kurang lebih hampir 1/2 jam, akhirnya nama gw dipanggil dan saat itulah gw dimintain lagi dokumen tambahan *yang menurut temen gw, dia ga diminta*. Yang pertama gw ditanyain tinggalnya di mana, karena gw kan isi datanya sesuai KTP, jadi alamatnya di Cilacap. Saat gw bilang tinggal di Kebon Jeruk, si mbaknya pun bilang, klo minta surat domisilinya gimana. Kebetulan dan untungggg gw bawa. Terus ditanyain lagi, pernah terima informasi saldo jamsostek ga yang di kertas warna hijau itu. Gw jawab pernah. Dan ditanya, bawa apa ga. Lah, menurut ngana?? Pas gw bilang ga, ditanya dari kantor ada kartu kesehatan ga? Dibawa ga? Karena kebetulan gw juga lupa itu kartu di mana, gw bilang aja lagi ilang. Terakhir ditanya lagi, kalau begitu ada kartu NPWP ga. Untunggg itu kartu lagi nangkring di dompet. Jadi gw kasi aja. 
Cuma gw terheran-heran, apa kepentingannya ya nanyain kartu kesehatan dari kantor, terus beralih jadi NPWP. Kalo gw ga bawa, apa gw ga bisa cairin dananya dan gw mesti balik lagi? Ah, untung kemarin semua dokumen lengkap dan urusan selesai. Dan anehnya, tanggal lahir yang katanya salah itu, ga dipermasalahin sama sekali. Jadi curiga mbak yang di call center itu salah verifikasi data -_-" atau dokumen yang gw kasi udah cukup lengkap jadi ga ada yang perlu diragukan lagi :p

Setelah itu gw diinfoin saldo dan estimasi dananya masuk ke rekening gw. Menurut jadwal sih sekitar tanggal 22-an baru akan masuk rekening. Dan sore ini gw kaget karena mendadak ada tanda-tanda kehidupan di rekening gw. Horee!! udah masuk loh dananya. Cuma 3 hari kerja aja. Hebat!!! Time to shopping *salah fokus*

No comments:

Post a Comment