Tuesday, April 7, 2015

Yang Dibuang sayang Dari Perjalanan Ke Korea Selatan

Terlalu banyak cerita yang ingin saya ceritakan selama 10 hari jalan-jalan di Korea. Jadi saya bikin postingan ini deh, buat cerita-cerita yang unik-unik dan kali ga penting tapi sayang kalau ga di-share :p Ada juga beberapa hasil analisa sok tau saya tentang Korea Selatan.

1. Setir mobil di Korea itu ada di kiri, dan mobilnya berjalan di sisi kanan jalan. Akibatnya saya beberapa kali salah pintu saat mo naik mobil akibat kebiasaan di Indonesia. Mau nyebrang pun bingung harus tengok kanan atau kiri ya, dan ini terjadi sampai saya pulang, masih bingung terus =)
2. Kalau di Singapore saat naik eskalator di tempat umum dan kita mau diam aja maka kita harusnya berdiri di sisi kiri. Di Korea kebalikannya, kita harus berdiri di sisi kanan. Awal-awal saya sempat bingung dan seperti kehilangan arah haha... untung lama-lama mulai terbiasa.
3. Mukanya orang Korea licin-licin dan mulus-mulus *makanya saya kalap belanja produk perawatan mukanya*
4. Pembuangan sampah di Korea sudah dipilah-pilah, tapi saya pun ga ngerti karena pake hangeul. Tapi susah cari tempat sampah di tempat umum. Lumayan sering saya harus nenteng-nenteng sampah dulu sebelum akhirnya nemu tempat sampah.
5. Orang Korea hobi naik tangga. Kalau mau jalan-jalan di Korea harus mempersiapkan fisik karena akan sering naik tangga di station metro-nya. Jarang sekali ada eskalator. Lift yang disediakan juga kebanyakan diisi sama orang-orang tua. Anak-anak muda-nya mungkin gengsi kalau naik lift :p
6. Weekend di Korea di mulai dari hari Jumat malem sampai Sabtu malem. Ini kesimpulan saya sendiri, soalnya hari Minggu malem malah sepi ga seperti hari Jumat dan Sabtu malem di mana banyak berkeliaran orang yang udah mabuk di jalanan.
7. Di Metro-nya bisa ada pengamen dan pedagang kaki lima. Aneh tapi nyata.
8. Makan dan minum tidak dilarang di dalam metro. Malah saya nemu ada yang buang sampah sembarangan di dalam metro, persis kaya orang di Jakarta yang suka buang bungkus makanan di kolong bangku mikrolet.
9. Di Busan saya menemukan tuna wisma yang tidur di station metro, tapi lengkap dengan selimut dan koper berukuran mungkin 28”.
10. Orang Korea kalau nyetir rasanya lumayan ugal-ugalan. Terbukti saat nebeng teman-nya teman, dia seenak-nya putar balik tanpa kasi lampu sen terlebih dahulu. Saat naik bus kecil ke Gamcheon Cultural Village, saya harus berpegang erat-erat kalau tidak mau jatuh akibat supirnya nyetir seenak jidat. Saat naik taksi di Busan juga lumayan was wes wos supir-nya.
11. Tingkat disiplin-nya Korea masih kalah dibanding Singapore. Di Korea masih banyak yang nyebrang jalan seenaknya, khususnya jalan-jalan kecil. Kalau jalan besar sih udah nurutin lampu merah, daripada disundul mobil di jalan besar.
12. Mau ke Korea tapi ga bisa bahasa Korea? Ga usah khawatir. Kebanyakan pegawai di toko perawatan muka-nya bisa berbahasa mandarin. Saya sampai bingung, ini lagi di Taiwan apa Korea ya =)
13. Seoul itu luassss.... perjalanan naik metro untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain biasanya memakan waktu paling tidak 30 menit. Bandingkan sama Singapore. 30 menit rasanya sebentar lagi sudah bisa sampai Changi.
14. Kalau belanja dan ditanya mau kantong plastik atau tidak, pastikan aja kalau kita minta kantong plastik ga disuruh bayar tambahan. Saya belanja tas di toko sebelah apartment dan ternyata kantong plastiknya bayar 10 won. Sementara di Lotte Mart-nya harus bayar 100 won untuk kantong plastik dan 1000 won untuk paper bag.
15. Yang ini saya tahu dari teman-nya teman, kalau sedang minum-minum, menuang minuman ke gelas sendiri itu tidak sopan. Harus orang lain yang menuang ke gelas kita. Dan biasanya urutan menuang minuman ke gelas itu diurutkan dari yang paling tua sampai maknae.
16. Mungkin karena efek winter, jam 7 pagi di Seoul sama gelapnya seperti jam 5 pagi di Jakarta. Matahari baru terbit sekitar pukul 7.45-an dan akan terbenam sekitar pukul 17.45.
17. Makan di sana banyak self service-nya. Mulai dari ambil banchan sendiri, ambil perlengkapan makan sendiri, reffil air minum sendiri. Yang menyenangkan udah pasti dapat air putih yang free flow gratis. Mungkin karena air keran di sana bisa diminum, ga ada ruginya mereka nyediain air minum. Tap wotcha klo kata orang Australia :p
18. Kalau mau bayar, sepertinya ga ada namanya manggil waitress dan minta bill. Tinggal bawa aja nota makan yang uda disediain di meja ke kasir, lalu bayar dan selesai deh.
19. Toilet di Korea lumayan bersih sih kalau dibandingin sama Indonesia =D ga beda jauh sama Taiwan dan ga ada selang airnya, mungkin harus kaya Pandji yang nyimpen botol air mineral untuk ritual di kamar mandi =)
20. Karena lagi winter, cuci tangan juga harus hati-hati klo ga mau tangan langsung beku karena air dari wastafel yang dingin banget dan kadang air panasnya ga nyala.
21. Internetnya Korea ngebut was wes wos buangett... sampai di Jakarta, saya kembali terkaget-kaget dengan speed internet di sini :’(
22. Saking dinginnya udara di sana, baterai handphone ternyata malah jadi cepat habis. Kalau sudah begitu, saya matiin dulu handphone-nya, simpan di tempat yang hangat baru dinyalakan lagi. Suhu paling rendah yang pernah kami rasakan sepertinya -9 dengan real feel-nya -16. Sementara suhu tertinggi selama kami di sana sepertinya Cuma 6-7 derajat aja.
23. Kereta dan bus di Korea sangat tepat waktu. Malah bus dari Sokcho ke Seoul berangkat 2 menit lebih awal dari jadwal. Ga ada tuh namanya ngetem-ngetem nunggu penumpang haha..
24. Orang Korea suka nonton drama Korea. Kalau lagi di metro atau bus, saya ngintip ke layar handphone, biasanya mereka lagi nonton atau kadang main game.
25. Les bahasa Korea selama 3 bulan cuma membantu saya kalau mau tanya harga. Selebihnya seperti menguap begitu ketemu orang Korea asli. Ntah grogi atau memang ga bener ya belajarnya haha..
26. Winter itu dingin *ya iya masa panas*, dan bikin kulit sangat kering sekali. Walau uda bawa lotion, tapi karena malas pakai akhirnya kulit kaki jadi kering banget dan bersisik. Yang diinget cuma pake lipbalm doank. Hari-hari terakhir ngeri sendiri liat kulit tangan yang mengering dan jadi keriput-keriput, baru deh insap pake hand cream yang baru dibeli di Nature Republic.

Maap ya klo ngaco, namanya juga analisa ngasal. No offense kok hehe.. Tapi over all, saya mau kembali lagi ke Korea =D saya mau makan, mau belanja produk perawatan muka, mau ngerasain dinginnya winter, mau main skating di lapangan terbuka, dan yang terpenting, mau main ski lagi =))

2 comments:

  1. Halo...
    Buat kalian yang mungkin penasaran dengan 'Lifestyle in South Korea' kalian bisa visit ke blog aku http://imeydiary.blogspot.com disana aku share ttg segala pengalaman selama kuliah dan 'ngabisin duit'(?) selama di korea wkwkwk yang pastinya... Banyak festival korea yang belum tentu kalian dapatkan informasinya walaupun cari di gugel wkwkwk yaudah deh ya...
    Buat author~ keep writing! ^^

    ReplyDelete
  2. Nice...Manfaat....Menambah wawasan dan pengetahuan.... Salam

    ReplyDelete