Thursday, April 9, 2015

Bertahan Dari Dinginnya Korea Selatan



Perjalanan ke Korea Selatan kemarin merupakan trip ke-3 saya ke negara 4 musim. Pertama kali ke Taiwan di musim Semi bulan April 2013, tentu suhu udara sudah lebih bersahabat. Saya masih bisa pakai celana pendek dan kaos layaknya sedang jalan-jalan di negara tropis. Hanya pernah merasakan suhu terendah di 19 derajat Celcius dan masih bisa diatasi dengan menggunakan 1  jaket tipis dan celana panjang.

Perjalanan ke-2 adalah ke Brisbane, Australia bulan Agustus 2014 kebetulan memang winter tapi suhunya masih di atas 10 derajat Celcius, di kisaran 11-15 derajat Celcius. Ini saja persiapannya sudah cukup heboh karena judulnya saja sedang winter. Waktu itu saya minjem jaket agak tebal dari teman, minjem syal wool juga, bawa kaos kaos kaki wool & long john hasil belanja toko Djohan Mangga Dua, bawa syal kecil tipis hasil beli di pasar dekat rumah dan bawa long john Mark & Spencer kids hihi... Cukup dingin juga, tapi hanya pakai baju 2 atau 3 lapis sudah cukup tanpa perlu long john. Hoodie MBWT dari bang Pandji sudah cukup hangat, paling saya hanya memakai sweater 1 lapis lagi saja di dalam supaya lebih hangat. Ternyata syal kecil tipis yang saya punya juga udah cukup hangat. Tapi yang saya ingat betul jari-jari kaki saya kedinginan di malam hari padahal sudah pakai kaos kaki wool dan angin menjadi faktor utama yang bikin suhu makin berasa dingin.

Dan yang baru saja, perjalanan ke Korea Selatan saat winter Januari kemarin persiapannya tentu lebih heboh lagi. Dinginnya sampai minus, dan saya sendiri takjub sama tingkat survival saya di suhu -9 derajat Celcius dengan real feel -16 derajat Celcius hahaha.. Awalnya lumayan panik sendiri pas ngeliat weather forecast sejak kira-kira sebulan sebelum berangkat. Bahkan teman kantor yang pergi di awal Desember saat winter baru mulai saja sudah kena tampar suhu -7 derajat Celcius di malam hari. Apalagi saya yang akan berangkat di bulan Januari, yang kata orang Korea-nya sendiri merupakan bulan paling dingin di Korea. Ow ow.. gawat!!

Belanja perlengkapan sebelum berangkat ke Korea kemarin udah cukup menguras kantong haha.. semua-nya mahalll... dan saya menyerahkan urusan perlengkapan musim dingin ke Uniqlo karena banyak review mengatakan heattech miliki Uniqlo cukup bagus dan jauh lebih murah dibanding long john-nya Mark n Spencer. Banyak yang bilang ga usa beli banyak-banyak di sini, karena di Korea pasti bakal lebih murah. Nyatanya ga tuh, malah lebih mahal di Korea. Yah mungkin karena masalah rate yang agak tinggi sehingga harga di Uniqlo sana jadi lebih mahal. Di Uniqlo saya beli lumayan banyak tapi beli satu per satu ga langsung banyak. Saya beli jaket berbahan fleece, baju turtle neck berbahan fleece, sweater berbahan merino, atasan heattech (supaya murah beli yang kids dengan ukuran 150 – masih cukup banget), bawahan heattech (saya beli yang modelnya nyambung dari kaki jadi bisa buat kaos kaki extra kalo dingin, dan beli yang model celana biasa), celana kargo warm yang dalamnya berbahan fleece dan luarnya waterproof (biar ga basah klo main salju).

Satu lagi keunggulan heattech-nya Uniqlo, bahannya tipis, jadi ga makan space di koper, dan nyaman kalau buat dipakai berlapis-lapis *ga bikin keliatan bulky* Beda banget sama long john mangga dua yang tebal.

Untuk topi kupluk saya beli topi kupluk di Bandung yang ada tutupan kupingnya, dan nambah lagi 1 topi kupluk Pull n Bear. Syal saya masih pakai syal tipis saja dan minjem lagi syal wool yang dibawa ke Brisbane kemarin. Sarung tangan minjem ajah =))

Selesai urusan pakaian bagian dalam, giliran nyari jaket paling luar. Ga mau beli sih karena mikirnya sayang, cuma pakai 1x, ntar disimpen doank malah rusak lagi yang ada. Untunglah ada teman yang baru pulang dari Iceland dan punya perlengkapan musim dingin yang komplit. Jaket paling luar Columbia, mid layer Salomon, dan wind breaker Lafuma. Semua saya pinjem, termasuk dapat pinjaman daypack Vanguard yang ternyata berguna banget karena badan dan pundak bebas dari pegal dan sakit akibat membawa ransel selama berkeliling 10 hari di Korea.

Sehari-hari selama di Korea biasanya saya pakai 4 sampai 5 lapis pakaian. Urutan lapisan pakaian dari paling dalam sampai paling luar biasanya:
Heattech uniqlo – long john merino Cold Wear (optional) – pakaian biasa lengan panjang/turtle neck fleece/sweater biasa/sweater merino – jaket fleece/mid layer Salomon – jaket paling luar Columbia.
Untuk bawahan paling maksimal 3 lapis aja: heattech 2 lapis dan celana panjang. Kaos kaki biasanya 2 lapis karena heattech yang 1 sudah ada kaos kakinya juga. Dan di sana saya juga beli kaos kaki wool seharga 3.900 won dan cukup hangat dibanding kaos kaki wool yang saya beli di Toko Djohan Mangga Dua.

Demikianlah cerita perlengkapan perang selama musim dingin yang membuat saya survive di suhu -9 derajat Celcius =D Dan saya sekarang mengerti kenapa orang Korea kalau jalan cepat-cepat gitu. Dingin soalnya haha.. jadi pasti pengen cepet-cepet sampe.

3 comments:

  1. Hai Shanty Fang.. Makasih ya info persiapan winter tripnya. Belum kebayang -9C dengan real feel -16C kayak apa -_- Paling dingin pernah -3C dan itu hidung udah meler2 sendiri..

    Mau nanya dong mengenai sepatunya. Selama disana kamu pake sepatu apa ya untuk suhu segitu? Terus kondisi jalannya apakah basah karena ujan atau salju?

    Thank you in advance :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo maaf saya udah lama ga cek2 blog :D

      Sepatu saya pake new balance casual aja. kaos kakinya pake kaos kaki heattech yang beli di uniqlo, atau kaos kaki tebel yang dijual di Korea kmrn.
      jalanan kebetulan pas di sana kering sih, cuma ujan sesekali, dan ga ujan salju sama sekali. bahkan sisa-sisa salju juga udah ga ada.
      itu -9C untungnya cuma muka doank yang kaku-kaku kaya pake masker, tapi ga sampe meler haha.

      Delete
  2. Kalo butuh long john, topi syal, sarung tangan, kaos kaki wool, tutup telinga, legging wool, sweater, jaket, coat.

    Silahkan aja datang ke :

    1. Toko Raya di Pasar Atum Tahap 3 lantai 1 no 1093 BA Surabaya telp (031) 3530808 (daerah gorengan Cakue Peneleh)

    2. Toko Raya di ITC Surabaya lantai 1 Blok C 7 no 1-2 Surabaya telp (031) 3743408 (selantai dengan Pizza Hut dan Carrefour).

    Kalo anda tidak dapat menemukan toko kami silahkan menghubungi kami.
    Hati-hati penipuan dengan toko yang mengaku sebagai Toko Raya.

    ReplyDelete