Thursday, March 15, 2012

Mudahnya Ngurus Paspor *pake calo* =D

Paspor gw uda expired dari Februari 2012 kemarin, dan uda sempet dapet referensi calo yang bisa bantuin dari temen. Setelah tanya-tanya harga dan dokumen apa aja yang harus disiapin, gw ga langsung hubungin si Bapak itu untuk langsung ngurus perpanjangan paspor.

Ternyata di pasar tempat nyokap jualan, ada acek yang juga bisa bantu tapi dengan harga yang lebih mahal karena bisa cepat jadinya. Sebenernya sih sama aja kaya klo gw ngurus ke Bapak yang pertama dengan tipe ekspres. Ya uda lah, lebih mahal dikit tak apa, yang penting ga ribet dan orangnya juga di dekat rumah. Jadi lebih gampang dihubungin dan serah terima dokumennya.

Senin kemarin bokap serahin dokumen-dokumen pendukungnya berupa:
1. Paspor asli
2. Fotocopy KTP
3. Fotocopy Akte Kelahiran
4. Fotocopy Kartu Keluarga
5. Fotocopy SKBRI punya Bokap
6. Fotocopy Surat Ganti Nama (juga punya Bokap)
Point 5 dan 6 mestinya ga usah donk, bukannya jaman Gus Dur jadi presiden, segala dokumen kaya gitu uda ga berlaku lagi ya?? Tapi ya sudahlah, demi mempermudah proses diturutin aja. Dan begitu tau kalo KTP gw mo expired bulan Maret ini, langsung kena biaya tambahan 50rb 0_o yah alasan yang agak ga masuk akal. Masa karena KTP mo expired, terus kena biaya tambahan

Dan setelah serahin dokumen, langsung dikasi tau Kamis pagi jadwal foto dan tanda tangan di Kantor Imigrasi Soekarno – Hatta. Akhirnya pagi ini gw dianterin bokap ke sana. Kita sampe sekitar jam setengah 9 pagi, dan ternyata yang antri uda lumayan panjang, mungkin sekitar 10 orang. Dan ternyata banyak yang pake calo juga huahaha.. kesan pertama si kantor imigrasinya bagus klo dibandingin sama kantor imigrasi Cilacap *norak*
Akhirnya giliran gw masuk untuk foto, diambil sidik jarinya, pengecekan dokumen asli dan terakhir tanda tangan paspor. Petugas yang bagian foto menurut gw ramah sih, ngajak ngobrol, dan gw penasaran pengen ngutak atik kameranya :p Canon EOS 1000D hahaha… abis foto, trus sidik jari gw direkam, dan tinggal nunggu pindah ke ruangan sebelah untuk “wawancara”.

Di ruangan sebelah ternyata cuma dicek dokumen-dokumen asli ,trus disuruh tanda tangan aja. Tapi sempet terkendala karena surat SKBRI bokap gw kan ga ada aslinya secara anaknya akong gw banyak gitu, jadi anak-anaknya cuma dapet copynya. Mbaknya kekeh sumekeh harus yang asli. Waktu manggil bapak yg ngurus gw, bokap gw pun ikut masuk, si mbak bilang “ya dipinjem dulu aja aslinya”. Akhirnya si bapak calo bilang “udah acc aja”. Trus semua terkesan beres. Akhirnya selesai, gw keluar ruangan, gw bayar kekurangan biaya bikin dan diminta tambahan 50rb lagi atas ketidakadaan dokumen asli SKBRI..

Haizz.. klo gini trus mah, tiap perpanjang paspor juga bakal kena terus donk T__T dokumen asli ntah ada di bagian mana rumah Ama gw di Binjai.

*sabar-sabar*

No comments:

Post a Comment