Tuesday, December 30, 2014

Pengajuan Visa Korea Selatan

Beberapa hari ini, tab mention di Twitter dipenuhi mention dari kawan yang lagi counting down menuju our trip to negara Annyeonghaseyo =)

Kami beli tiket uda dari bulan Februari 2014, dan ga berasa akhirnya 1 bulan lagi kami bakal main-main salju sambil bertahan dari dinginnya winter di Korea.

Kali ini mo cerita dulu tentang proses pengajuan visa Korea. Tanggal 9 Desember lalu, gw dan 2 orang teman ngurus sendiri visa Korea ke Embassy? Ato Konsulat Jendral ya? Yang pasti kantornya ada di Jl. Gatot Subroto Kav. 25 persis di sebelah RS Medistra. Agak awal sih ngurus visa-nya karena kami mikirnya lagi musim liburan jadi takut lama karena pasti banyak yang juga ngajuin visa seperti kami-kami ini.

Dua visa yang pernah gw apply sebelumnya, visa Taiwan gw dapatkan dengan bantuan travel agent karena males ribet mesti ngurusin dokumen karena ga tau dokumen apa aja yang dibutuhkan jika seorang ibu RT apply visa. Lalu visa Australia pun gw dibantu pengurusannya sama manajemen-nya Pandji, jadi terima aja tanpa tahu gimana proses dan dokumen apa yang dibutuhkan karena gw cuma dimintain paspor asli doenk.

Jadi pengajuan visa Korea Selatan ini jadi visa pertama yang gw urus sendiri tanpa pake bantuan agent *bangga* hahaha...Di website-nya sebenarnya udah cukup lengkap, cuma sayang ga update aja biaya dan lokasi kantornya.

Dokumen yang gw submit waktu itu:
1.    Form aplikasi visa Korea yang udah diisi lengkap dan ditempel dengan pas foto ukuran 3,5x4,5 dengan background putih.
2.    Paspor asli dan copy paspor yang ada data pribadi berikut halaman-halaman paspor yang udah ada stempel imigrasi dan visa.
3.    Copy Kartu Keluarga.
4.    Surat Keterangan Kerja dari Kantor dan dengan inisiatif-nya gw lampirin juga copy ID Card biar lebih afdol =D
5.    Rekening Koran 3 bulan terakhir + Surat Referensi Bank. Sebenarnya untuk bukti keuangan ini ada beberapa opsi, tapi akhirnya gw dan teman-teman milih ini aja.

Setelah kelengkapan diperiksa, maka kami menerima tanda terima dan di sana udah ada keterangan pengambilannya 7 hari kemudian yaitu tanggal 16 Desember 2014. Dan kami langsung bayar cash Rp. 480.000,- untuk biaya visa-nya.

Tanggal 16 Desember pagi gw sempetin telpon untuk tanya status visa-nya, soalnya petugas di loket emang kasi tau sebelum ambil telpon dulu aja. Ternyata katanya masih diproses dan disuruh telepon lagi jam 13.30. Wah jadi deg-degan soalnya ada temen kantor yang baru apply dan kasi tau punya dia selesainya lebih cepet dari 7 hari.

Akhirnya sekitar jam 14.00 gw telepon lagi dan diinformasiin kalo visa-nya udah bisa diambil. Yes, visa on hand. Kami pun siap berdingin-dingin ria di winter-nya Korea tahun depan.

No comments:

Post a Comment