Tuesday, January 28, 2014

ILLUCINATI #GKJ25JAN

Ini adalah kali ke-3 gw mengunjungi GKJ, dan 3-3nya karena Ernest *gpp sih, gw juga suka kok ke GKJ karena ada halte TransJ persis di depannya, dan deket sama mie Aboen di Pasar Baru*

Kali ini kunjungan ke GKJ adalah buat nonton show finale tour ILLUCINATI yang udah dimulai dari November taun lalu. Pas diumumin tentang tata cara pembelian tiket, gw langsung nyimak dan dari 3 show yang ada, gw ngajakin pasukan nonton bareng buat nonton show pertama jam 12. Pertimbangannya biar pas pulang masih terang dan ga kemaleman, serta bisa istirahat cukup karena besoknya gw dan beberapa temen pun masih mau hura-hura di The Color Run, the Happiest 5K on the Planet =))

Begitu penjualan tiket dibuka, gw langsung beli 5 tiket. Malemnya gw baru inget, harusnya gw beli 6 tiket!! T__T Besok paginya langsung telpon ke GKJ lagi dan untungnyaaa masih bisa nambah 1 tiket lagi di bangku sebelahnya.

Kurang lebih 1,5 minggu menjelang show, Jakarta didatengin banjir dan kali ini surutnya cukup lama. Emak gw aja libur jualan 1 minggu gara-gara akses ke tempat jualan udah air semua dan klo pun mo buka, yang beli juga kudu pake perahu karet *ngebayangin*
Saat tempat lain udah surut, giliran Gunung Sahari sama Pasar Baru yang kena banjir cukup tinggi. Waduhh.. gw aja khawatir, apalagi yang punya acara tuh.

Tapi untungnya, matahari bersinar cerah di hari Sabtu, 25 Januari 2014 kemarin. Gw dan temen-temen udah nongkrong di mie Aboen jam 10 pagi setelah menggunakan ilmu meringankan tubuh kami karena di gang depan Mie Aboen masih ada genangan air *padahal ilmu numpang melipir di toko orang*. Lalu tak lupa juga setor mie Aboen ke empunya acara. Biar nuansa #ILLUCINATInya makin afdol, emang kudu makan mie mumu dulu (^@^).

Jam 12 kami dipersilakan masuk ke ruangan, dan kaget juga gw.. ternyata seat E depan banget ya. Gw bawa lensa kamera yang tele, salah banget. Ya sudahlah tak apa. Toh di-announce juga no photograph during the show *tapi tetep aja curi-curi foto beberapa kali* Oh iya kali ini di stage-nya ga cuma ada bangku doank, tapi pake ada hiasan lampion segala di langit-langitnya.

Dibuka sama MC yang tampangnya Cina tapi ternyata Betawi asli yang pake kaos merah ada foto Mao Zhi Dong dan tulisan mandarin "Mao Zhi Dong", David Nurbianto. Nih orang lucu banget. Apalagi pas cerita waktu request untuk di-make up, kata tukang make-up nya muka dia perlu di-install ulang. Tega bener itu tukang make up, dikata operating system kali ya. Gw jadi ngebayangin tukang make up-nya bilang: “Mas, mukanya corrupt, jadi kudu di-install ulang”

Ga pake lama, giliran opener yang muncul di stage, Arie Keriting. Juara 3 SUCI 3 ini keren banget. Gw suka sama logat bicaranya yang masih kental banget dengan logat Indonesia Timur, dan mengingatkan gw sama guru agama SMP dulu :p materinya kebanyakan tentang tidak meratanya pembangunan di Indonesia yang emang dipusatkan di Indonesia Barat. Indonesia Timur kaya anak tiri gitu :p makanya waktu Arie telpon mama-nya dan bilang mau main film, mama-nya reaksinya biasa aja karena klo uda jadi film-nya pun orang-orang di daerah asalnya ga bisa nonton karena ga ada bioskop :| Nelangsa ya, tapi begitulah adanya. Materinya tentang kuda, biji, dan balsem juga bikin ketawa ga abis-abis..

Setelah Arie, MC yang lucu dan kocak kembali tampil di stage, mengisi waktu sambil mengijinkan penonton yang mau ke toilet dan akhirnya... lampu dimatikan, musik diputar dan gelap!!
Ernest muncul dari bagian depan panggung, tapi kok kaya orang diculik gitu. Tangannya diiket, terus ditutup kain item *kayak dementor*, dan diseret-seret sama 2 orang, lalu disuruh duduk di bangku yang ada di stage. Tiba-tiba muncul 2 pendekar Shaolin menyelamatkan Ernest. Iketan tangannya dibuka, dikasi mic, lalu muncul lah Ernest dari balik kain item dengan rambut awut-awutan =))

Klo dipikir-pikir, dari 3 show-nya, semuanya dimulai dengan topik yang agak serius kali ini membahas tentang beberapa tokoh pembela kebenaran yang tiba-tiba meninggal sebelum kebenaran terungkap.
 Untunglah ga lama bit-bit kocak mulai mengalir.. Diceritakanlah kenapa kali ini dibikin 3x show. Ternyata jawabannya sederhana aja, karena biaya sewa gedungnya sama aja. Mo 1x show, 2x show, harga sewanya ya sama. Mending sekalian aja bikin 3x show biar lebih untung =)) emang Cina banget nih pemikirannya.

Ada lagi adegan minta dibawain minum, dan yang bawain salah satu pendekar yang muncul di awal acara tadi. Pake menebas-nebas pedangnya lagi. Duh ati-ati, salah-salah bisa nambah lagi tuh codet di muka.

Bit yang dibawain bervariasi banget genre-nya *emang musik*, ada beberapa bit yang uda pernah gw denger, tapi tetep aja kocak dan bikin ngakak. Baru bentar aja rahang dan pipi gw uda pegel banget. Walau lucu, tapi terkadang terselip juga kisah serius antara lain tentang lumpur lapindo. Waktu Ernest cerita dia berdiri di atas tanggul untuk ngeliat betapa besarnya kubangan lumpur yang menurut ARB terjadi karena gempa Yogya, bukan karena salah pengeboran, dan bilang “bayangin suatu hari lu harus ninggalin rumah lu, kampung halaman lu”, itu rasanya kok gw pengen nangis ya *terlalu serius ngebayangin ato gw lagi kangen sama Cilacap ya*

Ernest sempet ngundang istrinya, Meira dan anaknya, Sky ke stage. Sky yang malu-malu ngomong “makasih uda nonton acara papah aku” unyuuuu... terus ada sedikit dialog antara Sky dan Ernest, antara lain seputar mata Sky mirip papa apa mama :p :p *mirip mama lah yah Sky*
Dialog antara Ernest & Sky

Gw ga inget durasi stand up nya berapa lama, tapi rasanya kok singkat banget. Tau-tau uda selesai, dan ada kesalahan teknis karena lagu penutupnya ga diputer saat Ernest membungkuk ke penonton. Alhasil diulangin lagi lah adegan penutupnya, kita disuruh pura-pura ga tau, Ernest ngulangin bit-nya lagi dan akhirnya lagu penutup diputar =)) =))

Sekali lagi Ernest menunjukkan kelasnya sebagai comic berpengalaman yang jam terbangnya uda tinggiiii... Pembawaannya tenang, perlahan-lahan membangun suasana supaya penonton masuk ke dalam materi yang dibawain, dan keahlian Ernest dalam delivery materi membuat gw sebagai penonton juga ngerasa kaya lagi denger temen yang lagi cerita.
Materinya mengalir begitu aja, ga ngebosenin dan terbukti, ga kerasa tau-tau abis T_T

All the best buat comic yang memegang gelar comic pertama di Indonesia yang ngadain tour stand up comedy dan kali ini ngadain 3x show dalam sehari. 加油! Sukses juga buat film Comic 8-nya yoo..

Katanya sih #ILLUCINATI ini bakal ditayangin di Kompas TV tgl 1 Februari. Pas banget moment-nya, sehari setelah Imlek. Tapi ga tau yaa.. bakal di-edit sampe tinggal berapa lama durasinya :p pokoknya yang ga nonton langsung kemarin, rugi deh.



Ps: setelah pulang, baru tau klo Ahok dateng ke show ke-2. Tau gitu sih gw nonton lagi show ke-2nya *maruk*

No comments:

Post a Comment