Saturday, February 23, 2013

Ticketing Stand Up Comedy

Saking seringnya nonton stand up comedy, jadi kepikir cerita tentang proses booking tiket-nya yang ada bermacam-macam cara. Kalo yang gratis tanpa tiket sih tinggal dateng aja, cari tempat duduk enak, dan enjoy the show.

  1. Temen yang beliin tiket. Klo ini sih males beli sendiri, trus nitip aja sama temen yang baik hati mo beliin tiket. Dan ini jarang terjadi, karena kebanyakan gw yang berjibaku sama pembelian tiket haha..
  2. Langsung beli tiket-nya di venue. Agak jarang sih kalo yang satu ini, dari beberapa kali nonton stand up yang gw datengin, dan langsung bayar di venue, biasanya bukan disebut tiket, tapi lebih buat charity. Show model kaya gini misalnya pas di Rolling Stone Cafe, ada acara tapping stand up comedy buat ngebantu Pepeng, jadi yang nonton silakan bayar first drink charge sekalian nyumbang. Ada juga acara charity untuk anak-anak penderita kanker, jadi yang dateng itung-itung nyumbang. 
  3. Kirim email ke contact yang jadi PIC pembelian tiket, terus transfer, dan tunggu konfirmasi. Lalu print aja konfirmasinya pas hari H untuk dituker dengan tiket.
  4. Beli di Multiply.com. Menurut gw ini adalah metode pembelian tiket yang paling menyenangkan, semacam belanja online, tinggal beli, bayar (bisa lewat ATM, Kartu Kredit, Internet Banking). Tunggu konfirmasi dan cetak konfirmasinya, ada yang untuk dituker tiket di hari H (2 shownya Ernest mewajibkan penonton untuk dateng lebih awal di hari H untuk pilih nomor tempat duduk), dan ada juga shownya Pandji yang menawarkan penukaran tiket beberapa hari sebelum show di kantor manajemen-nya atau kalau mau di hari H yang resiko aja ngantrinya lama.
  5. Beli tiket di stand, dan baru pernah sekali rasanya beli pake cara ini, pas acara Stand Up Nite di Binus yang diadain sama Himja taun lalu. Kebetulan juga karena standnya di kampus, deket jadi bisa langsung disamperin.
  6. Pake sms ke Contact Person, transfer, lalu nukerin bukti transfer dengan tiket. Nah untuk cara ini, ada cerita tersendiri, lumayan bikin keki karena berasa susah bener sih mo beli tiket doank. 
Jadi, begini ceritanya *ehem ehem*. Ge Pamungkas, juara 1 SUCI Kompas TV season 2 lagi ngadain tour stand up comedy berjudul 3GP Tour. Dan hoki banget, ternyata salah satunya diadain di Kampus Binus, Anggrek. Pas tau, seneng bener.. Lalu nyari-nyari info tentang penjualan tiketnya. 
Usut punya usut, tiketnya berharga 50rb, dan katanya mo dijual di stand di deket RedLite Kampus Anggrek. Tapi ternyata, stand-nya ga ada. Yang ada cuma ngemper doank. Pernah disamperin, ternyata orangnya udah pulang. Saat menjelang ga sampe sebulan sebelum konser, barulah stand nya didirikan -_-" karena khawatir keabisan, akhirnya gw book dulu lewat sms, udah transfer. Tinggal janjian ambil tiketnya aja. Dan sempet kesel karena ada pengumuman, akan ada diskon untuk Binusian. Dih, di mana-mana promo juga di depan kali, itung2 early bird. Jadi agak khawatir sama Ge, saat shownya di kota-kota lain sold out, yang di Binus jadi semacam kurang promo gara-gara yang jualan tiketnya ga jelas. Yah semoga setelah punya stand, tiketnya bisa ikutan sold out juga. Padahal dulu waktu Stand Up Nite Binus, ga ada masalah sama ticketingnya. Yah yang kali ini juga mungkin hanya gw yang merasa bermasalah dengan ticketingnya. Mungkin karena udah terbiasa dengan kemudahan yang ditawarkan via Multiply. Jadi beli tiket 3GP tour Binus ini berasa ribetttt.... 

Dan semoga panitianya belajar untuk lebih terkoordinasi dengan baik biar ga ada pihak yang dirugikan.

No comments:

Post a Comment